div>

Sabtu, 18 Maret 2017

Peng. Animasi dan Desain Grafis

-    Konsep-konsep yang berhubungan dengan animasi dan desain grafis,antara lain
 A.      Animasi
Animasi berasal dari bahasa yunani “anima” yang berati hidup, makna harfiah dari animasi adalah memberikan kehidupan atau sifat mahluk hidup pada benda mati.  Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati yang diberikan dorongan kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup dan bergerak, atau hanya berkesan hidup.
          ·          Konsep Animasi
Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana obyek-obyek yang digambarkan atau   divisualisasikan tampak hidup. Kehidupan tersebut dapat dinyatakan dari suatu proses pergerakan.Meskipun demikian animasi tidak secara eksplisit dinyatakan pada obyek-obyek mati yang kemudian digerakkan. Benda-benda mati, gambaran-gambaran, deformasi bentuk yang digerakkan memang dapat dikatakan sebagai suatu bentuk animasi, akan tetapi esensi dari animasi tidak sebatas pada unsur menggerakkan itu sendiri, tetapi juga memberikan suatu karakter pada obyek-obyek yang akan dianimasikan. 

 B.       Desain
Desain adalah langkah pertama dalam fase pengembangan bagi setiap produk atau sistem yang direkayasa. Tujuan desainer adalah untuk menghasilkan suatu model atau representasi dari entitas yang kemudian akan dibangun. Konsep Desain, antara lain abstraksi, penyaringan,modularitas,arsitektur perangkat lunak, hirarki kontrol, praktisi struktural, struktur kontrol, prosedur perangkat lunak, penyembunyian informasi.

C.   Pemodelan


Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis. Maka pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.

D.      Grafik(Grafis)
Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.

Jadi Desain dan Pemodelan Grafik adalah suatu proses menciptakan objek berupa citra (gambar rancangan, citra komputer) yang dibuat untuk informasi, ilustrasi, atau hiburan yang dibuat melalui aplikasi komputer.

E.   Desain Grafis


Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni.  Dan merupakan seni dalam berkomunikasi yang dengan media tulisan, ruang, dan gambar. Desain grafis ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tippografi, tata letak, dan desain interaksi. Desain yang dalam perkembangannya, kini telah sampai diolah dengan teknologi komputer dalam mendesain sebuah objek.

F.  Multimedia
Desain Multimedia adalah cara berkomunikasi konsep atau informasi melalui website, CD - ROM , kios , biasanya dalam bentuk interaktif . Televisi menggunakan spesialis multimedia dalam bentuk non interaktif . Banyak varietas yang berbeda dari media dan teknik yang digunakan dalam produksi . Sebagai multimedia profesional Anda akan terampil dalam memanipulasi gambar dan informasi dari berbagai sumber termasuk audio , video, gambar diam , animasi , benda-benda fisik , teks , soundtrack dan data digital dengan menggunakan aplikasi komputer dan teknik visual dan suara terkait . Mari kita lihat lebih dekat dan membandingkan interaktif vs desainer multimedia non interaktif
 .
     a) Desain Multimedia Interaktif

Ini termasuk bekerja pada kios , DVD interaktif , Blu - ray Apps , dan Web Desain . Audio , Video , Animasi , Foto dan lebih dapat menjadi elemen dalam desain keseluruhan dari output . Tapi itu adalah Graphical User Interface ( GUI ) yang menentukan desain interaktif terpisah dari Desain Visual Audio . Harus ada semacam navigasi yang terlibat yang memberikan pengguna pilihan yang konten mereka memilih untuk mengakses, dan kapan. Jadi sebagai Interaktif Multimedia Specialist , itu akan menjadi tugas Anda untuk memastikan bahwa semua elemen media mengikat bersama-sama secara efektif , dan pengguna dapat dengan mudah menavigasi untuk menemukan informasi yang mereka cari melalui Graphical User Interface

    b ) Non Interaktif


 Pekerjaan semacam ini dapat dilihat pada output non interaktif seperti TV & Internet . Iklan , website menggunakan Flash atau HTML5 , dan film merupakan contoh pekerjaan yang Spesialis Audio Visual . 

-    Unsur-unsur dalam desain grafis , antara lain
          A.    Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam dunia komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.
Contoh penggunaan garis :
·       Garis lurus biasanya diidentikan dengan kesan kaku, variasi ini biasanya digunakan sebagai  simbol formalitas.
·       Garis lengkung, penggunaan garis lengkung biasanya memberikan kesan lembut dan luwes.
·       Garis zigzag sering dimaknai sebagai garis yang keras sekaligus dinamis.
·       Garis tidak beraturan, garis ini bisanya menimbulkan kesan fleksibel dan informal.
·       Garis horizontal melambangkan kesan pasif.
·       Garis vertikal sering dimaknai sebagai bentuk garis yang memiliki kesan stabil.

·       Garis diagonal dapat diartikan sebagai makna aktif, dinamis dan menarik perhatian.

         B.      Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang banyak dikenal, antara lain kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).

          C.     Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.

          D.    Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

           E.     Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

            F.      Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna seseorang dapat menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas

-   Prinsip utama desain grafis , antara lain
            A.    Kesederhanaan 
Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan rumit, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.

          B.     Keseimbangan
   Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu:
·                                      Keseimbangan Formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi.           Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai               elemen desain. Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang           dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.
          Untuk menciptakan keseimbangan:
           ·         Ulangi bentuk tertentu secara berkala, baik secara vertikal maupun horizontal.
           ·          Pusat elemen pada halaman.
           ·         Menempatkan beberapa visuals kecil di satu daerah untuk menyeimbangkan satu blok besar                gambar atau teks.
           ·         Gunakan satu atau dua bentuk aneh dan membuat bentuk biasa.
           ·         Keringanan teks potong-berat dengan terang, berwarna-warni visual.
           ·         Meninggalkan banyak spasi besar sekitar blok teks atau foto gelap. 
           ·    Offset besar, gelap foto atau ilustrasi dengan beberapa lembar teks kecil, masing-masing                      dikelilingi oleh banyak spasi.

          C.     Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
Untuk membuat persatuan:
·         Gunakan hanya satu atau dua typestyles dan berbeda ukuran atau berat untuk kontras seluruh publikasi, presentasi, atau situs web.
·         Konsisten dengan jenis font, ukuran, dan gaya untuk judul, subheads, keterangan, headers, footers, dll di seluruh publikasi, presentasi, atau situs web.
·         Menggunakan palet warna yang sama di seluruh.
·         Mengulang warna, bentuk, atau tekstur yang berbeda di seluruh wilayah.
·         Pilih visuals yang berbagi serupa warna, tema, atau bentuk.
·         Memperderetkan foto dan teks yang sama dengan grid baris.

         D.    Penekanan (aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Didalam konteks desain surat kabar dapat dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
Untuk membuat penekanan:
          ·        Gunakan rangkaian merata spaced, persegi di samping foto yang digariskan foto dengan bentuk          yang tidak biasa.
         ·        Letakkan bagian yang penting dari teks pada sudut melengkung atau sekaligus menjaga semua             jenis yang lainnya di kolom lurus.
        ·         Gunakan huruf tebal, hitam untuk judul dan jenis subheads ringan teks dan banyak lainnya                  untuk semua teks.
        ·         Tempat yang besar di sebelah gambar kecil sedikit teks.
        ·         Reverse (gunakan jenis putih) yang utama dari sebuah kotak hitam atau berwarna.            
        ·       Gunakan warna yang tidak biasa atau jenis font yang paling penting untuk informasi.
        ·         Letakkan daftar yang ingin Anda sorot di sidebar dalam kotak berbayang.

       E.     Irama (repetisi)
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
Untuk membuat rhythm:
         ·         Ulangi sejumlah elemen berbentuk mirip, bahkan dengan spasi putih di antara masing-                          masing, untuk menciptakan sebuah ritme biasa.
         ·        Ulangi rangkaian semakin besar elemen yang lebih besar dengan spasi putih di antara setiap                 ritme yang progresif.
         ·        Alternatif gelap, huruf tebal dan ringan, tipis jenis.
         ·       Alternatif gelap halaman (dengan banyak jenis grafik atau gelap) dengan cahaya halaman                    (dengan jenis lebih sedikit dan berwarna muda grafis).
         ·         Mengulang bentuk yang sama di berbagai bidang sebuah layout.
        ·         Ulangi elemen yang sama pada posisi yang sama pada setiap halaman yang dicetak penerbitan             seperti newsletter.

          F.      Proporsi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan – perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Konon proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.

4.    Aplikasi pendukung desain grafis , antara lain
A.  Program Aplikasi Pengolah Tata Letak
Program desain grafis ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Kelebihan dari program ini adalah mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini antara lain
·         Adobe FrameMaker
·         Adobe In Design
·         Adobe PageMaker
·         Corel Ventura
·         Microsoft Publishing
·         Quark Xpress

B.  Program Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program desain grafis ini juga bisa kita gunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Ilustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupax garis lurus ataupun garis lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini , antara lain
·         Adobe Ilustrator
·         Beneba Canvas
·         CorelDraw
·         Macromedia Freehand
·         Metacreations Expression
·         Micrografx Designer.

C.  Program aplikasi pengolah gambar/Pixel
Program desain grafis ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar atau manipulasi foto. Perlu diperhatikan bahwa semu objek yang diolah dalam program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Selain itu, dapat juga mengolah teks dan garis, tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Yang termasuk dalam aplikasi ini, antara lain
·      Adobe Photoshop
·      Corel Photo Paint
·      Macromedia Xres
·      Metacreations Painter
·      Metacreations Live Picture
·      Micrografx Picture Publisher
·      Microsoft Photo Editor
·      QFX
·      Wright Image
·      Pixelmator
·      Manga Studio
·      Gimp
·      Pos Free Photo Editor

D.  Program Aplikasi Pengolah Film/Video
Program desain grafis yang satu ini dapat kita manfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Kita bisa memberikan teks judul seperti subtitle menggunakan program ini. Pada umumnya, pemberian efek khusus seperti suara ledakan, desingan peluru, suara omabak juga dapat dibuat menggunakan program aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini, antara lain
·         Adobe After Effect
·         Power Director
·         Show Biz DVD
·         Ulead Video Studio
·         Element Primer
·         Nero Ultra Edition
·         Camtasia.

E.   Program Aplikasi Pengolah Multimedia
Program desain grafis ini dapat digunakan untuk membuat karya dalam bentuk multimedia, misalnya berisi promosi, profil perusahaan, ataupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini antara lain
·         Macromedia, Macromedia
·         Authorware
·         MAcromedia Director
·         MAcromedia Flash
·         Multimedia Builder
·         Ezedia
·         Hyper Studio
·         Ovation Studio Pro

F.   Pengolah 3 Dimensi
Yang termasuk dalam kelompok ini antara lain
·         Xara 3D
·         3Ds Max
·         Houdini
·         Lightware
·         Blender
·         Pixar
·         Maya
·         Poser
·         AutoCad.
              G.    Software Tipografi
              Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain
·         Fotographer
·         AMP Font Viewer.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar